Indonesian Free Stuff World



Photobucket

JD Salinger: Catcher in the Rye

  • @By : D. Haris
  • Bagikan
    Tahukan anda, bahwa novel ini masih di tangan Mark David Chapman ketika ia diciduk setelah menembak John Lennon? Novel yang sama juga menjadi obyek obsesi calon pembunuh Ronald Reagan, dan konon juga oleh beberapa pembunuh berantai lain.

    Memangnya apa kisah yang dituturkan novel ini? Adalah Holden Caulfield, seorang anak muda cerdas—yang baru saja ditendang untuk kesekian kalinya dari sekolah—memandang sekitarnya dengan kepekaan tinggi, namun penuh kemarahan atas segala kepalsuan orang dewasa dan masyarakatnya. Yang bisa membuat Holden tersenyum hanyalah kemurnian tanpa dosa dunia anak-anak. Tapi adakah kemurnian semacam itu sanggup dijaga?

    Sejak kalimat pertamanya, J.D. Salinger menceburkan kita memasuki alam pikir Holden, dituturkan dalam bentuk narasi orang-pertama yang penuh dengan emosi mentah, bingung dan bahkan kerapkali “berkelana” ke mana-mana. Sungguhpun begitu, Salinger tetap mampu mengukir novelnya untuk tetap terstruktur rapi dalam menyampaikan temanya.

    The Catcher in the Rye adalah narasi keterasingan yang menekan, membuka mata dan lucu pada saat yang bersamaan. Lucu, karena kemarahan sekaligus kecerdasan Holden menjadikan persepsinya tajam namun juga tak terduga. Ketika jujur memandang dunia, ternyata ada Holden Caulfield dalam setiap diri kita.

    Di film Conspiracy Theory (1997), karakter Mel Gibson digambarkan selalu membeli novel The Catcher in the Rye di manapun dia melihat atau menemukannya. Di Annie Hall (1977), karakter Diane Keaton mencomot satu buku dan mengacungkannya ke Woody Allen, dan itu adalah novel The Catcher in the Rye. Di film Chasing Holden (2001), tokoh utamanya merasa betapa jalan hidupnya sangat mirip Holden Caulfield, lalu memutuskan bolos sekolah demi berpetualang mencari J.D. Salinger dan terpikir untuk membunuhnya. Dan yang terbaru di Tropic Thunder (2008), pada salah satu adegan, si tokoh penulis buku mengatakan, Tropic Thunder is my Catcher in the Rye”. Bahkan untuk pengiring end credits-nya, film itu memakai lagu “Smoke Gets in Your Eyes”, lagu yg sama dengan lagu yg didengar Holden Caulfield sewaktu naik komedi putar menjelang akhir buku.

    Salah satu novel fenomenal menurut saya, dan beware for read it!!...... Silakan dicomot The Catcher in the Rye on english version disini >>
    print this page Print this page

    Read this | Baca juga yang ini ya



    Widget by [ Tips Blogger ]

    1 Sobat Yang Komentar:

    Ibnu Rusyidi said...

    Keliatan nya Menarik. ijin Donlod ya...

    Post a Comment

    Komunitas

    Related Posts with Thumbnails
    Ekstra Gratis.Com di Facebook

    Komentar Kawan