Indonesian Free Stuff World



Photobucket

Dzikir dengan Al ma'tsurat

  • @By : D. Haris
  • Bagikan
    Mari baca al ma'tsurat disini>>

    Begitu banyak Dzikir yg terdapat dalam Al Qur'an dan Al Hadits yg menganjurkan kita untuk selalu berdzikir kepadaNya disetiap saat dan dimana saja dalam keadaan berdiri, duduk ataupun berbaring seraya berdzikir terhadapNya. Allah SWT berfirman yang artinya adalah :

    "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi serta silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda kebesaran bagi kaum yang berfikir, yakni mereka yang selalu mengingat Allah dalam keadaan berdiri, duduk, atau berbaring seraya berfikir tentang penciptaan langit dan bumi (kemudian berkata): Ya Rabb kami, tidaklah Engkau ciptakan segala sesuatu dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari adzab api neraka".(QS. Ali-Imran:190-191)"

    Salah satu ciri ketaqwaan yang hakiki ternyata adalah berzikir pada-Nya di mana saja dan kapan saja. Artinya di dalam kondisi yang bagaimanapun kita tetap mengingatnya, berzikir dengan hati, akal dan lisan kita. Zikirullah juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keimanan. Dan orang-orang yang lalai dari mengingat Allah akan mudah terperosok atau terjerumus ke dalam dosa dan kemaksiatan.

    Adapun secara garis besarnya Fadhilah Dzikir adalah :

    1. Memperoleh ketenangan hati dan ketenteraman jiwa. Iman dan kekuatan zikir serta hubungan dengan Allah menjadi stabilisator jiwa, sehingga seseorang selalu diliputi ketenangan dengan ketenteraman karena selalu ingat Allah. Seorang mukmin tak akan bergembira berlebih-lebihan, melonjak-lonjak atau terhanyut dalam kedukaan yang berkepanjangan. Seperti dalam hadits Nabi SAW: "Sungguh ajaiblah orang yang beriman. Bila diberi karunia ia bersyukur ( mengembalikannya kepada Allah) dan itu baik untuknya. Bila diberi musibah ia bersabar dan itu lebih baik lagi untuknya".

    2. Memberatkan timbangan hasanat di Yaumul Mizan. Kata Rasulullah ada ucapan zikir yang ringan diucapkan dan berat timbangan kebaikannya di antaranya ialah: Subhanallah, walhamdulillah walaa ilaha illallah wallahu akbar.

    3. Dijauhkan dari segala tipu daya setan dan marabahaya. Dengan seseorang rajin membaca zikir ma'tsurat misalnya di waktu pagi dan petang, maka ia terhindar dari segala marabahaya yang datang dari syaitan jenis manusia maupun jin. Tidak akan terkena terkena tipu daya setan, hipnotis, santet, pelet, dan ilmu hitam lainnya.

    4. Memperoleh keberuntungan dan kemenangan.

    Adapun macam-macam dzikir yang baku seperti bacaan dalam ibadah shalat dan haji, begitu pula zikir sesudah shalat. Dan ada pula yang tidak tertentu bisa di waktu pagi dan petang, kapan saja dan di mana saja seperti wadzifah ma'tsurat.

    Sedangkan Al Matsurat itu sendiri merupakan kumpulan wirid-wirid Qur'an serta do'a-do'a sehari-hari yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan dinukil oleh Imam Syahid Hasan Al-Banna

    Imam Hasan Al-Banna menegaskan bahwa wadzifah baik kubra maupun sughra yang kita kenal sebagai ma'tsurat adalah bukan wadzifah khusus untuk a'dho atau ikhwan saja, melainkan, juga untuk seluruh kaum muslimin.Wadzifah tersebut dibaca di waktu pagi, dari Shubuh hingga Zhuhur dan sore hari dari Ashar hingga ba'da Isya., baik berjamaah maupun sendiri-sendiri.

    Wallahu "alam Bisshowab
    Afwan kalo kurang berkenan

    Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabaraktuh

    sumber : forum kota santri

    mari baca al ma'tsurat disini >> print this page Print this page

    Read this | Baca juga yang ini ya



    Widget by [ Tips Blogger ]

    0 Sobat Yang Komentar:

    Post a Comment

    Komunitas

    Related Posts with Thumbnails
    Ekstra Gratis.Com di Facebook

    Komentar Kawan