Indonesian Free Stuff World



Photobucket

SISTEM PEREKRUTAN CPNS 2009 - 2010

  • @By : D. Haris
  • Bagikan
    Pemerintah akan membuka lowongan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2009 melalui tiga jalur. Yakni jalur honorer, Sekretaris Desa dan Pelamar Umum.

    Jumlah formasi CPNS 2009:
    Total 325 ribu orang
    PNS pusat sebanyak 50 ribu orang
    PNS daerah 275 ribu orang

    Formasi PNS daerah sebanyak 275 ribu orang itu sudah termasuk pegawai honorer dan sekretaris desa. Tenaga honorer yang diangkat merupakan honorer yang memenuhi persyaratan dan masuk dalam data base tahun 2005. Sementara untuk pelamar umum diprioritaskan pada tenaga guru, kesehatan, teknis atau fungsional seperti penyuluh KB, pertanian, dan perkebunan.

    “Rekrutmen CPNS kali ini lebih sulit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, karena direkrut berdasarkan uji kompetensi,” kata Ramli Naibaho, Deputi Menpan.

    Untuk tenaga Honorer, MenPan hanya menyediakan posisi sebanyak 78.576 orang.
    Sedangkan untuk Sekretaris Desa ditetapkan sebanyak 9.927 orang. Selama tiga tahun terakhir, jumlah Sekretaris Desa yang diangkat jumlahnya mencapai 36.094 orang. Untuk Pelamar Umum sendiri, MenPan menyediakan kuota sebanyak 236.497 orang.

    Khusus untuk jalur pelamar umum, MenPan menyatakan akan memprioritaskan kekurangan di sektor pendidikan, kesehatan, dan tenaga teknis yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan kerja. “Ini bisa mengurangi kemiskinan dan pengangguran,” imbuh dia.

    Tenaga teknis yang dimaksud adalah penyuluh pertanian, penyuluh KB, tenaga penegakan hukum (jaksa dan hakim), tenaga teknis dalam rangka memenuhi standar internasional, dan instruktur pelatihan.

    Pelamar Umum ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada daerah-daerah pemekaran dan perbatasan. MenPan menekankan, proses pengadaan PNS harus dilakukan dengan benar sehingga jumlah dan komposisi di masing-masing unit kerja sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, usulan formasi didasarkan pada analisis kebutuhan riil organisasi, beban kerja serta analisis pegawai.

    “Instansi pemerintah harus bisa membangun sistem pengolahan dengan menggunakan teknologi informasi,” seru MenPan.

    print this page Print this page

    Read this | Baca juga yang ini ya



    Widget by [ Tips Blogger ]

    0 Sobat Yang Komentar:

    Post a Comment

    Komunitas

    Related Posts with Thumbnails
    Ekstra Gratis.Com di Facebook

    Komentar Kawan